1000 Petani Muda Kab. Indramayu Ikuti Pelatihan, Upaya Wujudkan Pertanian Maju, Mandiri dan Modern.

1000 Petani Muda Kab. Indramayu Ikuti Pelatihan, Upaya Wujudkan Pertanian Maju, Mandiri dan Modern.
Banner Logika Rakyat
Banner Logika Rakyat

Indramayu • Logikarakyat.id, Dalam rangka mewujudkan Pertanian Maju, Mandiri dan Modern di Kabupaten Indramayu - Jawa Barat Pemerintah Kabupaten Indramayu di bawah kepemimpinan Bupati Hj. Nina Agustina. S.H.,M.H.,C.R.A melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Indramayu pada (7/3/2024) membuka Pelatihan Petani Muda guna mewujudkan Pertanian Maju, Mandiri dan Modern di Kabupaten Indramayu 

Di tegaskan oleh Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina, S.H.,M.H.,C.R.A ketika membuka Pelatihan yang di ikuti 1000 Petani di Kabupaten Indramayu yang di selenggarakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) di UPTD Perlindungan dan Pembenihan Hortikultura di Desa Kebulen Kecamatan Jatibarang mengatakan, Indramayu merupakan salah satu daerah produsen beras untuk mendukung ketahanan pangan Nasional yang memiliki Luas wilayah 209.942 hektar dari jumlah 59,75 persen merupakan luas baku Sektor pertanian (Sawah -red) 125.442 hektar dan luas Lahan pertanian bukan Sawah seluas 55.903 hektar." ungkapnya 

Di Jelaskan oleh Hj. Nina Agustina, dengan luasan baku sawah 125.442 hektar tersebut bisa menghasilkan produksi padi pada tahun 2022 sebesar 7.35 Ton / hektar, pada tahun 2023 sebesar 7,0 Ton / hektar, dan dengan capaian hasil Produksi padi tersebut kabupaten Indramayu pada tahun 2022 mendapatkan peringkat Pertama Nasional sebagai produksi padi tertinggi.

" Dengan adanya El Nino ekstrim Produksi Padi di kabupaten Indramayu mengalami penurunan hasil produksi di tahun kemarin. Hj. Nina berharap, dengan di selenggarakannya Pelatihan di gelombang pertama kepada para petani Milenial yang di bantu penunjang teknologi bisa menciptakan pertanian Maju, Mandiri dan Modern."Ucapnya 

Di kesempatan yang sama H. Sugeng Heryanto Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Indramayu juga mengatakan, Pelatihan Pertanian ini merupakan upaya untuk mengurangi Problem ketersediaan tenaga kerja pertanian di Kabupaten Indramayu juga merupakan pengamanan areal tanaman pangan l, Holtikultura, Perkebunan dan peternakan dalam rangka mendukung program pemanfaatan lahan sebagai pusat pangan di Kabupaten Indramayu.

"Pada kegiatan pelatihan yang di laksanakan di ikuti 1000 peserta yang di bagi menjadi 29 angkatan, di setiap angkatan berjumlah 50 orang adalah pemuda Indramayu, dan setiap angkatan akan di laksanakan selama 2 hari. Angkatan pertama dilaksanakan 7-8 marep 2024 .

Sugeng berharap, dengan dilaksanakannya pelatihan bagi petani muda di kabupaten Indramayu bisa menciptakan Petani yang kreatif dan Handal sehingga bisa mengurangi pengangguran dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru demi terwujudnya Indrmayu " BERMARTABAT".Tuturnya.

Acara pelatihan yang diselenggarakan di hadiri langsung oleh, Kepala Satuan Perangkat Daerah, Kabid DKPP dan UPTD DKPP, Pimpinan Bank BJB. Cabang Indramayu. KTNA, Camat Se-Kabupaten Indramayu. (Supriyadi)